August 4, 2021
pendgeografi@unima.ac.id
audit-mutu-internal-jurusan-pendidikan-geografi

Penjaminan mutu merupakan amanat UU No. 12 Tahun 2012 pada pasal 52 yang menyatakan bahwa penjaminan mutu pendidikan tinggi merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan. Setiap perguruan tinggi mempunyai kewajiban dalam menyusun dan mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). SPMI tersebut bertujuan untuk pemenuhan dan pelampauan Standar Nasional Pendidikan Tinfggi (SNPT) sebagaimana diatur di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Untuk mengimplementasikan amanat Undang-Undang No.12 Tahun 2012, LPMPT Universitas Negeri Manado mengadakan Audit Mutu Internal di setiap fakultas dan jurusan/program studi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2020. Tim Audit Mutu Internal di Jurusan Pendidikan Geografi diketuai oleh Amelia G.Y. Sompotan, M.Hum dari Fakultas Bahasa dan Seni.

Kegiatan Audit Mutu Internal membahas dan mengevaluasi tentang standar kompetensi lulusan, standar isi pembelajaran. standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan pembelajaran dan standar suasana akademik yang terdapat di Jurusan Pendidikan Geografi. Kegiatan ini diharapkan mampu mengembangkan kualitas layanan yang lebih baik pada setiap jurusan/program studi.