October 28, 2020
pendgeografi@unima.ac.id
penyamaan-persepsi-tentang-pembentukan-stuktur-kurikulum-merdeka-belajar-kampus-merdeka

Tondano, Jumat, 29 Mei 2020

Dalam rangka penyelenggaraan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Manado mengadakan kegiatan rapat bersama dosen-dosen yang dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan Dr. Kalvin S. Andaria, M.Si guna merumuskan pembentukan struktur kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Tujuan dari Merdeka Belajar-Kampus Merdeka salah satunya adalah menciptakan sumberdaya manusia yang unggul sehingga perlunya penyamaan persepsi dosen Jurusan Pendidikan Geografi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi yang kompetitif dan berkarakter.

Kegiatan rapat dilakukan secara virtual (online) mengingat kondisi saat ini yang mengharuskan bekerja dari rumah (work from home). Dokumen tentang struktur kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dipaparkan oleh Sekretaris Jurusan Dr. Xaverius E. Lobja, M.Si. Dalam kegiatan ini para dosen dilibatkan langsung untuk ikut serta dalam perumusan bentukan struktur kurikulum yang baru dengan konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Dalam merumuskan bentukan struktur kurikulum yang baru, banyak masukan dan saran dari dosen-dosen Jurusan Pendidikan Geografi, diantaranya adalah bentuk dan pola struktur kurikulum yang baru, penambahan mata kuliah baru, pengurangan mata kuliah, modifikasi mata kuliah, Program Semester diluar kampus, Program Semester dalam kampus diluar Jurusan, assesment mata kuliah sesuai dengan struktur mata kuliah yang baru dan hal-hal teknis lainnya terkait konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.